PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PADANG

Nabila, Rafifah and Sanidjar, Pebrihariati (2023) PERAN LEMBAGA OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT DALAM UPAYA PENCEGAHAN TERJADINYA MALADMINISTRASI PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR PERTANAHAN KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Skripsi Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, BAB Pendahuluan.pdf

Download (528kB)
[img] Text
Skripsi BAB Penutup dan Daftar Pustaka.pdf

Download (254kB)
[img] Text
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ombudsman RI merupakan lembaga pengawasan masyarakat yang memiliki tugas melakukan upaya pencegahan terjadinya Maladministrasi, sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah peran Lembaga Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam upaya pencegahan terjadinya Maladministrasi di Kantor Pertanahan Kota Padang? 2) Apa sajakah kendala yang dihadapi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam melakukan upaya pencegahan terjadinya Maladministrasi di Kantor Pertanahan Kota Padang? 3) Apa sajakah upaya yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat untuk mencegah terjadinya maladministrasi pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Padang? Penulis menggunakan metode penelitian yuridis sosiologis, dengan sumber data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data, secara studi dokumentasi dan wawancara, serta dianalisa secara analisis kualitatif. Hasil penelitian: 1) Peran lembaga Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat dalam upaya pencegahan terjadinya Maladministrasi di Kantor Pertanahan Kota Padang secara keseluruhan sudah sesuai dengan Peraturan-perundangan yang berlaku. 2) Kendala-kendala yang dihadapi Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat; a. Kurangnya SDM di Ombudsman b. Kurang kooperatifnya Terlapor c. Tidak pahamnya masyarakat terhadap wewenang Ombudsman 3) Upaya-upaya yang dilakukan oleh Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Barat untuk mencegah terjadinya Maladministrasi pelayanan publik di Kantor Pertanahan Kota Padang; a. Memaksimalkan potensi SDM yang sudah ada b. Melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait c. Memberikan sosialisai kepada masyarakat. Kata Kunci: Ombudsman, Maladministrasi, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 10 Mar 2023 00:57
Last Modified: 10 Mar 2023 00:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12193

Actions (login required)

View Item View Item