Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Siswa Kelas XI IPA Di MAN 3 Kota Padang

Hafizh Hidayat Ramedhief, Hafis and Ashabul Khairi, S.T., M.Kom, Khairi and Ade Fitri Rahmadani, S.Pd., M.Pd.T, Ade and Rini Widyastuti, S.Kom., M.Kom, Rini (2023) Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Bagi Siswa Kelas XI IPA Di MAN 3 Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI dan BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (677kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI HAFIZH HIDAYAT RAMEDHIEF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman PLP tahun 2021 di MAN 3 Kota Padang, penulis mengajar mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dimana saat melakukan PBM banyak siswa yang masih kurang tertarik dan merasa materi ini membosankan karena materi yang disampaikan lebih banyak teori sehingga siswa merasa pembelajaran yang telah dijelaskan oleh gurunya masih kurang dipahami. tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media game edukasi berbasis android pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi siswa kelas XI IPA di MAN 3 Kota Padang yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian yang dilakukan di kelas XI IPA MAN 3 Kota Padang, Kecamatan Koto Tangah, Kabupaten Kota Padang. Penelitian dilakukan untuk menguji validasi dan praktikalitas media game edukasi berbasis android, di mana validasi dilakukan oleh 2 orang validator, yaitu ahli materi dan ahli media dengan memberikan lembar validasi berserta media game edukasi berbasis android.Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan produk media game edukasi berbasis android pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi siswa kelas XI IPA di MAN 3 Kota Padang, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan sebuah media game edukasi berbasis android yang dinyatakan valid oleh validator ahli media dan ahli materi sebesar 82% dan dinyatakan sangat praktis oleh siswa sebesar 87%. Kata Kunci : Android, Game Edukasi, Construct 2

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer
Depositing User: PTIK FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 03:43
Last Modified: 10 Mar 2023 03:43
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12235

Actions (login required)

View Item View Item