Nilai – nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

RYAN, MUHAMMAD AGUSTINO and Yetty, Morelent and Dainur, Putri (2020) Nilai – nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama dalam Novel Di Tanah Lada Karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) COVER.pdf

Download (68kB)
[img] Text
32 RYAN MUHAMMAD AGUSTINO (1410013111016) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikannilai-nilaipendidikankaraktertokohuta ma yang terdapatdalam novel Di Tanah Ladakarya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie.Teori yang digunakanadalah unsur-unsur intrinsik yang dikemukakan oleh Nurgiyantoro (2010) dannilai-nilaipendidikankarakter yang dikemukakanoleh Said Hamid Hasan (2010).Jenispenelitianiniadalahpenelitiankualitatifdenganmenggunakanmetodedes kriptif. Data dan sumber data penelitian ini adalah kata-kata yang mengidentifikasikan nilai-nilai pendidikan karakter yang diambil dari novel Di Tanah Ladakarya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Teknik analisis penelitian ini adalah mengelompokan data, mengolah data dengan cara melihat situasi dari latar dan alur yang terjadi pada tokoh lalu dikaitkan sesuai dengan aspek yang diteliti, dan menginterpretasikan hasil analisis. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 10 nilai karakter yaitu (1) jujur seperti sikap tokoh Ava yang jujur kepada mamanya ketika Ava mengompol di celana, (2) disiplin seperti tokoh Ava yang selalu bangun pagi walupun di hari libur sekolahnya, (3) kreatif seperti sikap tokoh Ava yang bisa mencari ide untuk mengalihkan pembicaraan ketika mamanya sedang bersedih, (4) mandiri seperti tokoh Ava yang berusaha untuk bisa menyuap sendiri makanannnya, (5) rasa ingin tahu seperti sikap tokoh Ava yang selalu mencari tahu arti kata yang belum ia ketahui di dalam kamusnya, (6) menghargai prestasi seperti sikap tokoh Ava memuji suara indah dan permainan gitar temannya, (7) bersahabat/komunikatif seperti sikap tokoh Ava yang pandai membuat bahagia temannya ketika dalam kesedihan , (8) cinta damai seperti tokoh Ava yang membuat orang lain merasa aman ketika berada didekatnya, (9) gemar membaca seperti sikap tokoh Ava yang menyempatkan waktunya untuk membaca kamus dan buku lainya, (10) peduli sosial seperti tokoh Ava yang selalu membantu orang lain ketika berada dalam bahaya dan kesulitan. Maka, dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak 10 nilai pendidikan karakter, sedangkan nilai pendidikan karakter yang tidak ditemukan sebanyak 8 nilai pendidikan karakter dan nilai pendidikan karakter yang dominan adalah rasa ingin tahu. Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Tokoh Utama, Novel Di Tanah Lada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Putri Pustaka
Date Deposited: 01 Oct 2020 01:59
Last Modified: 01 Oct 2020 01:59
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item