Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema 3 Materi Hewan dan Tumbuhan Dilingkungan Sekitar Untuk Kelas IV SD Negeri 01 Sungai Gambir Tapan

Tesi, Yunasri and Rona, Taula Sari (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Tema 3 Materi Hewan dan Tumbuhan Dilingkungan Sekitar Untuk Kelas IV SD Negeri 01 Sungai Gambir Tapan. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover, dll, 10.pdf

Download (675kB)
[img] Text
bab penutup,10.pdf

Download (44kB)
[img] Text
SKRIPSI TESI YUNASRI 1510013411046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukk menghasilkan modul pembelajaran IPA pada materi hewan dan tumbuhan dilingkungan sekitar berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning(CTL) untuk kelas IV SDN 01 Sei.Gambir Tapan yang Valid dan Praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (research and divelopment) yand dibatasi pada 3-D yang terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021-2022. Validator agket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator bahasa, dan 1 orang validator desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 84% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh penilaian 83% dengan kategori valid, dan dari aspek desain memperoleh penilaian 91% dengan kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 86% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 guru dan 21 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh presentase hasil 96% dengan kategori sangat praktis dsn dsri hasil praktikalitas oleh sisiwa diperoleh presentase hasil 82% dengan kategori praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Contextuan Teaching and Learning (CTL) yang dihasilkan valid dan praktis digunkan dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD sehingga, modul dapat digunakan secara mandiri guna proses belajar mengajar. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Contextual Teaching and Learning(CTL), IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 06:37
Last Modified: 10 Mar 2023 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12322

Actions (login required)

View Item View Item