PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DI SDN 041/XI KAMPUNG TENGAH KOTA SUNGAI PENUH

Allisha Azma Putri, Allisha and Enjoni, Enjoni (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER DI SDN 041/XI KAMPUNG TENGAH KOTA SUNGAI PENUH. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
COVER HALAMAN PENGESAHAN PERSETUJUAN ABSTRAK DAFTAR ISI BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (577kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI (COVER sampai LAMPIRAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apakah terdapat peningkatan hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode giving question and getting answer di kelas V SD Negeri 041/XI Kampung Tengah Kota Sungai Penuh. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V, yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2022/2023. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan bahwa pembelajaran dengan metode giving question and getting answer terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase siklus I bahwa analisis lembar observasi aktivitas guru pada siklus adalah 65% sedangkan pada siklus II 90%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus siklus I 60,25 meningkat pada siklus II menjadi 78,25. Disamping itu persentase siswa yang tuntas pada siklus I ada 9 orang (45%). Sedangkan pada siklus II, meningkat menjadi 15 orang (75%). Hal ini berarti pelaksanaan pembelajaran IPA dengan metode giving question and getting answer telah terlaksana dengan baik dan dapat meningkat hasil belajar siswa kelas V SDN 041/XI Kampung Tengah Kota Sungai Penuh. Berdasarkan hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode giving question and getting answer dapat dijadikan salah satu alternatif variasi untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Giving Question and Getting Answers

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 10 Mar 2023 05:33
Last Modified: 10 Mar 2023 05:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12362

Actions (login required)

View Item View Item