Maici, Ariza Hariyani and Ayu, Bidiawati Jr and Dessi, Mufti (2020) KESEIMBANGAN LINTASAN PADA PRODUKSI LEMARI MENGGUNAKAN METODE REGION APPROACH (RA) DAN SIMULASI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 Cover.pdf Download (33kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 Abstrak.pdf Download (10kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 BAB I.pdf Download (51kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (645kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (911kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (347kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
|
Text
16 MAICI ARIZA HARIYANI 1510017311049 Daftar Pustaka.pdf Download (107kB) |
Abstract
Masalah yang sering terjadi pada keseimbangan lintasan dalam suatu lintasan produksi adalah adanya penumpukan material (bottleneck), waktu tunggu yang tinggi dan operator yang menganggur karena pembagian beban kerja yang tidak merata. UD. Dua Putri Jepara merupakan salah satu perusahaan yang mengalami masalah tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut diperlukan penyeimbangan lintasan produksi. Penyeimbangan lintasan dilakukan dengan menggunakan metode region approach (RA) yang dapat mengoptimalkan nilai efisiensi lintasan produksi dan simulasi dengan menggunakan software promodel yang dapat memberikan gambaran adanya perbedaan kondisi sebelum dan sesudah dilakukan penyeimbangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode RA nilai efisiensi lintasan menjadi 63,94%, balance delay menjadi 36,05%, dan smoothing index menjadi 12,29. Gambaran simulasi didapat hasil skenario terbaik yaitu skenario 3 dengan menambah jumlah operator pada stasiun tempat terjadinya bottleneck yang dapat menyeimbangkan pembagian beban kerja operator dan nilai utilitas operator yang bekerja sebesar 74,74%. Kata Kunci: Keseimbangan Lintasan, Bottleneck, Region Approach, Simulasi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TS Manufactures |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Ahmad Elzuhri |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 08:13 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 08:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/1240 |
Actions (login required)
View Item |