PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN RAYA, TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN DRAINASE RUAS JALAN TAPUS-MUARO SEI.LOLO-GELUGUR STA 20+000-25+000

Marcelino Dwi Permana, Marcel and Indra Farni, Indra Farni and Embun Sari Ayu, ST , MT, Embun (2023) PERENCANAAN ULANG GEOMETRIK JALAN RAYA, TEBAL PERKERASAN LENTUR DAN DRAINASE RUAS JALAN TAPUS-MUARO SEI.LOLO-GELUGUR STA 20+000-25+000. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, HAL PENGESAHAN PERSETUJUAN, ABSTRAK, KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FULL TEXT SKRIPSI DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Ruas Jalan Tapus-Muaro Sei. Lolo-Gelugur merupakan jalan penghubung Kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Lima puluh Kota. Ruas Jalan ini mempunyai banyak tikungan tajam dan elevasi yang naik turun. Serta disana mempunyai kondisi lahan topografi berbukit. Oleh karena itu tujuan membuat penelitian perencanaan geometrik jalan Tapus-Muaro Sei.Lolo-Gelugur mengetahui bagaimana cara merencanakan geometrik, perkerasan jalan serta drainase serta memperbaiki geometrik terutama tikungan tajam dan tanjakan yang tinggi sehingga pemakai jalan dapat menikmati perjalanan yang aman, nyaman dan efisien. Metode yang digunakan yaitu Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota No.038/TBM/1997, Manual Desain Perkerasan Jalan No.04/SE/Db/2017 dan Mendesain saluran drainase jalan dengan menggunakan modul perancangan drainase permukaan jalan 2016. Data yang digunakan yaitu data primer untuk mengetahui lebar jalur, bahu jalan, jenis lapisan perkerasan dan kondisi drainasenya. Data sekunder yaitu data LHR, CBR, Topografi, dan Hidrologi. Hasil perencanaan geometrik alinyemen horizontal terdiri dari 16 tikungan Full-Circle(F-C) dan 4 tikungan Spiral–CircleSpiral (S-C-S). Pada alinyemen vertikal terdapat 7 lengkung cembung dan 9 cekung. Tebal perkerasan segmen 1, 2, 3 yaitu diperoleh AC-WC 40mm, AC-BC 60mm, AC-Base 105mm, LPA kelas A 300mm dan untuk peningkatan tanah dasar 200mm, 200mm, dan 100mm. Hasil perencanaan drainase di lapangan dapat menampung debit sebesar 0.59m³/detik, lebih besar dari debit rencana yaitu 0.22m³/detik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:41
Last Modified: 13 Mar 2023 01:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12450

Actions (login required)

View Item View Item