PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 32 BANUARAN KOTA PADANG

MONIKE, PRATIWIDYA and M., Sayuti (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN 32 BANUARAN KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (300kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (634kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (361kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (305kB)
[img] Text
KESIMPULAN .pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pengaplikasian media dan metode belajar yang menarik sehingga membuat kemampuan membaca permulaan siswa kelas III rendah.. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan kemampuan membaca permulaan bahasa Indonesia menggunakan model Scramble pada siswa kelas III SDN 32 Banuaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan Refleksi. Subjek penelitian adalah 2 orang guru dan 22 orang siswa kelas III yang dilaksanakan dua siklus. Data penelitian berupa tes tulis dan hasil pengamatan dari semua tindakan. Teknik pengumpulan data observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yakni 73,68% meningkat pada siklus II 87,5%. Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan siswa pada siklus I yakni yakni 73,49% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 87,5%. Hasil belajar siswa dalam dua siklus, terlihat bahwa pada siklus I dengan nilai rata-rata 71,82 mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 85,91. Hal ini menunjukan melalui metode Scramble terjadi peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 32 Banuaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 03:30
Last Modified: 13 Mar 2023 03:30
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12461

Actions (login required)

View Item View Item