PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMALSUAN IJAZAH OLEH APARATUR SIPIL NEGARA (Studi Perkara Nomor 60/Pid.Sus/2022/PN Srl)

Firuza Fatwa, Kirana and Uning, Pratimaratri (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PEMALSUAN IJAZAH OLEH APARATUR SIPIL NEGARA (Studi Perkara Nomor 60/Pid.Sus/2022/PN Srl). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
File 1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FILE 2.pdf

Download (103kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemalsuan Ijazah diatur dalam Pasal 69 undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pelaku tindak pidana Pemalsuan Ijazah diancam dengan Pidana penjara paling lama lima tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah). Pada Putusan Nomor 60/Pid.sus/2022/PN Srl, terdakwa HS terbukti secara sah melakukan tindak pidana yaitu dengan sengaja tanpa hak menggunakan ijazah palsu untuk melamar CPNS. Rumusan masalah: (1) Bagaimanakah pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan ijazah oleh ASN pada Perkara Putusan Nomor 60/Pid.Sus/2022/PN Srl? (2) Bagaimanakah pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan ijazah oleh ASN pada Perkara Putusan Nomor 60/Pid.Sus/2022/PN Srl? Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif. Sumber data yang digunakan data sekunder yang terdiri dari bahan primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan data di analisis secara kualitatif. Hasil penelitian: 1) Pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan ijazah oleh ASN adalah sesuai fakta-fakta yang terungkap di dalam persidangan terdakwa telah memenuhi seluruh unsur Pertanggungjawaban pidana dan dianggap mampu untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. 2) Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan terhadap pelaku tindak pidana pemalsuan ijazah oleh ASN, putusan yang telah ditetapkan oleh hakim dipertimbangkan terlebih dahulu dengan pertimbangan yuridis dan pertimbangan non yuridis. Kata Kunci: Pertanggungjawaban, Pidana, Pemalsuan, Ijazah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hukum FH
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:17
Last Modified: 13 Mar 2023 01:17
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12469

Actions (login required)

View Item View Item