PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO DI SD NEGERI 05 ALANG RAMBAH PESISIR SELATAN

Fadlizon Julian, Fadlizon and Yulfia, Nora, S.Pd., M.Pd PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO DI SD NEGERI 05 ALANG RAMBAH PESISIR SELATAN. PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI DALAM PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL THE POWER OF TWO DI SD NEGERI 05 ALANG RAMBAH PESISIR SELATAN.

[img] Text
ARTIKEL PENELITIAN Fadlizon 19-275.pdf

Download (454kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI pada pembelajaran IPS di SDN 05 Alang Rambah, Pesisir Selatan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI melalui model pembelajaran The Power of Two. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI. Data penelitian ini berupa informasi tentang data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil observasi kegiatan guru, hasil penilaian afektif siswa dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian bahwa 1) hasil belajar siswa meningkat yang mana pada siklus I sebesar 57% menjadi 81% pada siklus II, 2) kemampuan kerjasama siswa meningkat dari 61,90% menjadi 85,71% pada siklus II. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas VI pada ranah kognitif dan afektif melalui model pembelajaran The Power of Two di SDN 05 Alang Rambah, Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan model The Power of Two sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran IPS.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:42
Last Modified: 13 Mar 2023 01:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12493

Actions (login required)

View Item View Item