PENERAPAN METODA PRECEDENCE DIAGRAM METHOD UNTUK OPTIMALISASI WAKTU DALAM PERENCANAAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG PUSKESMAS BUNGKU KABUPATEN BATANG HARI JAMBI

Dede Syah, Putra and Rini, Mulyani and Evince, Oktarina (2023) PENERAPAN METODA PRECEDENCE DIAGRAM METHOD UNTUK OPTIMALISASI WAKTU DALAM PERENCANAAN PENJADWALAN PROYEK KONSTRUKSI GEDUNG PUSKESMAS BUNGKU KABUPATEN BATANG HARI JAMBI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
file 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (131kB)
[img] Text
file 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penjadwalan proyek salah satu elemen hasil perencanaan, yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan progress proyek, perencanaan penjadwalan bertujuan agar dalam pelaksanaan proyek lebih eektif dan efesien sehingga tidak terjadi penundaan atau keterlambatan dalam suatu pelaksanaan proyek. Realita di lapangan, masih banyak proyek yang mengalami keterlambatan pada penyelesaian proyek dikarenakan kurangnya kontrol terhadap jadwal proyek. Banyak faktor penyebab keterlambatan dalam pengerjaan proyek konstruksi diantaranya, pengaruh material, pengaruh tenaga kerja, pengaruh pembiayaan, dan masih banyak lagi faktor yang dapat mengakibatkan keterlambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk dari diagram jaringan yang dihasilkan serta kegiatan-kegiatan apa saja yang mengalami kritis pada proyek pembangunan gedung konstruksi puskesmas Bungku Kabupaten Batang Hari Jambi menggunakan metode precedence diagram method dengan bantuan aplikasi (Microsoft Project ). Sehingga diharapkan dapat mempermudah dalam melakukan perencanaan penjadwalan. Tahapan perencanaan penjadwalan metode PDM yaitu menghubungkan setiap item pekerjaan menggunakan 4 constraint yaitu start to start, start to finish, finish to start, finish to finish, dengan program microsoft project setelah menghubungkan item pekerjaan akan mendapatkan hasil jadwal keseluruhan pekerjaan dan lintasan kritis pada kagiatan proyek. Hasil dari perencanaan didapatkan 10 pekerjaan pada lintasan kritis dari 28 item pekerjaan, durasi proyek 150 hari kalender.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 14 Mar 2023 02:16
Last Modified: 14 Mar 2023 02:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12597

Actions (login required)

View Item View Item