PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASI DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF:KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pasaman)

NANDA, AMALIA RAMADANI and Sefnedi, Sefnedi and Erni, Febrina Harahap (2023) PENGARUH DUKUNGAN ORGANISASI DAN KEADILAN ORGANISASI TERHADAP KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF:KETERLIBATAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi Kasus pada Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pasaman). Masters thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Penutup dan daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TESIS NANDA AMALIA RAMADANI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Di Indonesia, profesi guru banyak diminati oleh masyarakat karena dinilai mampu memberikan kesejahteraan dalam kehidupan. Dengan demikian, kesejahteraan subjektif guru merupakan aspek penting dan menarik bagi peneliti dan pembuat kebijakan.Namun hingga saat ini belum ada kesimpulan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan subjektif.Studi ini menyelidiki dampak keterlibatan kerja sebagai mediator pada hubungan antara dukungan organisasi yang dirasakan, keadilan organisasi, dan kesejahteraan subjektif.Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SD di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, Indonesia yang berjumlah 217 guru.Teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi dukungan dan keadilan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan kerja dan kesejahteraan subjektif.Keterikatan kerja juga ditemukan secara positif dan signifikan mempengaruhi kesejahteraan subjektif.Selanjutnya, work engagement terbukti memediasi hubungan antara persepsi dukungan organisasi, keadilan organisasi, dan kesejahteraan subjektif. KataKunci:Persepsi dukungan organisasi, Organisasi, Keterikatan kerja, dan Kesejahteraan subyektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Program Pascasarjana > Manajemen
Depositing User: Manajemen Magister
Date Deposited: 15 Mar 2023 05:07
Last Modified: 15 Mar 2023 05:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12721

Actions (login required)

View Item View Item