PENGARUH UPAH MINIMUM PROVINSI TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP PENGANGGURANPADA PROVINSI DI PULAU SUMATERA

DANNY, SATRIA and Nurul Huda, S.E., M.Si, Nurul Huda, S.E., M.Si (2023) PENGARUH UPAH MINIMUM PROVINSI TINGKAT PERTUMBUHAN EKONOMI DAN INFLASI TERHADAP PENGANGGURANPADA PROVINSI DI PULAU SUMATERA. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
FILE 1 DANNY.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 DANNY.pdf

Download (159kB)
[img] Text
FILE 3 DANNY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh secara langsung maupun tidak langsung seberapa besar pengaruh upah minimum provinsi terhadap kesempatan kerja di Pulau Sumatera. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data skunder dengan tipe data panel. Dimana data skunder ini bersumber dari lembaga atau institusi yang terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS), Selain itu diperoleh dari berbagai referensi, literatur, dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel, yang ditunjang dengan data kuantitatif yang ada. Data diolah dengan menggunakan eviews 9. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan upah minimum provinsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengangguran pada sepuluh provinsi di Pulau Sumatera. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan bahwa pertumbuhan ekonomi berpengaruh negatif terhadap pengangguran pada sepuluh provinsi di Pulau Sumatea. Sedangkan hasil pengujian hipotesis ketiga ditemukan bahwa inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran pada sepuluh provinsi di Pulau Sumatera. Kata Kunci : Upah Minimum Provinsi, Tingkat pertumbuhan Ekonomi, Inflasi, Pengangguran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: EP FEB
Date Deposited: 27 Mar 2023 06:55
Last Modified: 27 Mar 2023 06:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12876

Actions (login required)

View Item View Item