KESANTUNAN BERBAHASA MASYARAKAT KAWASAN WISATA PANTAI ARTA KECAMATAN SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN TERHADAP PENGUNJUNG

Panji, Sanjaya and Yetty, Morelent and Syofiani, Syofiani (2018) KESANTUNAN BERBAHASA MASYARAKAT KAWASAN WISATA PANTAI ARTA KECAMATAN SUNGAI LIMAU KABUPATEN PADANG PARIAMAN TERHADAP PENGUNJUNG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf

Download (289kB)
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kesantunan berbahasa masyarakat kawasan wisata Pantai Arta Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman terhadap pengunjung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah kesantunan berbahasa oleh Chaer (2010). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat kawasan wisata Pantai Arta Kecamatan Sungai Limau terhadap pengunjung dan datanya berupa tuturan masyrakat terhadap pengunjung. Data dikumpulkan dengan cara merekam tuturan masyarakat kawasan wisata Pantai Arta terhadap Pengunjung menggunakan alat perekam suara. Dari penelitian ini, ditemukan jenis kesantunan yang meliputi maksim-maksim yang dikemukakan oleh Chaer. Bentuk kesantunan berbahasa yang ditemukan sebanyak 68 data, seperti tuturan seorang petugas karcis yang mengatakan “Uang masuak ee da?”, merupakan bentuk tindak tutur ujaran komisif yang menyatakan penawaran tiket masuk, tuturan ini tergolong sopan dan mengikutui maksim kebijaksanaan. Maksim-maksim yang terdapat pada data ini adalah Maksim kebijaksanaan memiliki tuturan yang paling banyak yaitu 52 tuturan, 47 tuturan santun dan 5 tuturan tidak santun. Maksim penerimaan memiliki sebanyak 3 tuturan, semunya tergolang dalam santun. Maksim kemurahan tidak ada ditemukan. Maksim kerendahan hati memiliki 3 tuturan dan semuanya tergolong santun. Maksim kecocokan memiliki 12 tuturan, 10 tuturan santun dan 2 tuturan tidak santun. Kemudian yang terakhir maksim kesimpatian 1 tuturan yang tergolong santun. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa, kesantunan berbahasa masyarakat kawasan wisata Pantai Arta Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman terhadap pengunjung tegolong santun. Kata kunci: kesantunan berbahasa, tindak tutur, maksim-maksim ujaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 30 Mar 2023 07:07
Last Modified: 30 Mar 2023 07:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12926

Actions (login required)

View Item View Item