UPAYA PT. KERETA API INDONESIA UNTUK MEMENUHI KEWAJIBANNYA DALAM PENGANGKUTAN ORANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN

AINUL KHAIRA, AINUL KHAIRA (2018) UPAYA PT. KERETA API INDONESIA UNTUK MEMENUHI KEWAJIBANNYA DALAM PENGANGKUTAN ORANG BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
AINUL KHAIRA.pdf

Download (927kB)
[img] Text
SKRIPSI AINUL KHAIRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

UPAYA PT. KERETA API DALAM MEMENUHI KEWAJIBANNYA BERDASARKAN PASAL 133 UNDANGUNDANG NO 23 TAHUN 2007 TENTANG PERKERETAAPIAN 1 Ainul Khaira , Yansalzisatry, S.H, M.H 1 , Suamperi, S.H, M.H 1 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta E-mail: uulkhaira@yahoo.com Abstrak Kereta api merupakan sarana perkeretaapian dengan tenaga gerak, baik berjalan sendiri maupun dirangkaikan dengan sarana perkeretaapian lainnya, yang akan ataupun sedang bergerak di jalan rel yang terkait dengan perjalanan kereta api. Kereta api memiliki keunggulan tarifnya yang terjangkau, memiliki dampak polusi yang paling sedikit bagi lingkungan dibandingkan angkutan lainnya, bebas dari kemacetan karena memiliki jalur tersendiri, serta lebih hemat bahan bakar karena daya muatnya yang besar dalam satu kali perjalanan. Angkutan kereta api di Sumatera Barat yang rute Padang-Pariaman ada empat kali jadwal keberangkatan tiap harinya. Rumusan masalah (1) Apa upaya PT. KAI (Persero) untuk memenuhi kewajibannya sebagai pengangkut ? (2) Apa hambatan PT. KAI (Persero) Regional II Sumatera Barat dalam melaksanakan kewajibannya? Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder, yang dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis secara kualitatif. Dari penelitian dapat disimpulkan (1) Upaya yang dilakukan PT. KAI dalam memenuhi kewajibannya adalah menyiapkan sarana dan prasarana dalam pengangkutan, kebijakan di segi administrasi, menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna jasa di atas kereta api dan area statiun. (2) Hambatan yang dialami PT. KAI adalah kurangnya pegawai Polsuska, pengguna jasa kereta api yang tidak tertib dan masyarakat yang kurang memperhatikan pengumuman yang diberikan oleh PT.KAI. Kata kunci : Upaya, Kewajiban, Hambatan Kereta Api

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:25
Last Modified: 31 Mar 2023 04:25
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12956

Actions (login required)

View Item View Item