PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PASIEN JIWA ANAK DAN REMAJA BAGI PESERTA BADAN PENYELENGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. H.B SAANIN PADANG

ANNISA PUTRI AL ANSAR, ANNISA PUTRI AL ANSAR (2018) PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PASIEN JIWA ANAK DAN REMAJA BAGI PESERTA BADAN PENYELENGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. H.B SAANIN PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ANNISA PUTRI AL ANSAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
cover skripsi BARU.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PELAKSANAAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN PASIEN JIWA ANAK DAN REMAJA BAGI PESERTA BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) DI RUMAH SAKIT JIWA PROF. HB. SAANIN PADANG 1 Annisa Putri Al Ansar 1 1 , Adri , Yansalzisatry , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta Email: annisaputriala19@ymail.com ABSTRAK Banyaknya anak dan remaja peserta BPJS yang melakukan rawat jalan di RSJ Prof. HB. Saanin Padang karena mengalami keluhan gangguan belajar, sulit bersosialisasi. Rumusan masalah: 1) Bagaimanakah pelaksanaan pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan bagi peserta BPJS? 2) Apakah kendala yang terjadi dalam pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan bagi peserta BPJS? 3) Bagaimanakah upaya penyelesaian kendala dalam pemberian pelayanan kesehatan rawat jalan bagi peserta BPJS? Jenis penelitian adalah yuridis sosiologis, data primer diperoleh dari wawancara. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Pelayanan rawat jalan pasien jiwa anak dan remaja dimulai dari pendaftaran di admission service, perawat mencatat keluhan pasien, dokter melakukan pemeriksaan, memberikan resep obat yang diambil di apotik, tanpa membedakan pasien jiwa umum dan pasien jiwa peserta BPJS. 2) Kendala dalam pelayanan rawat jalan adalah pendaftaran yang berbelit-belit, tidak dapatnya berobat sesuai jadwal yang ditentukan, tidak membawa surat rujukan atau kartu BPJS, dan tenaga medis yang sedikit. 3) Upaya yang dilakukan saat keluarga pasien bingung, menyediakan satpam untuk menunjukkan informasi alur rawat jalan, memberikan dispensasi bagi pasien jiwa yang tidak dapat berobat sesuai jadwal, memberikan keringanan bagi pasien jiwa lama yang tidak membawa kartu rujukan atau kartu BPJS, dan memperbantukan tenaga medis untuk mempercepat alur rawat jalan. Kata Kunci: Pelayanan, BPJS, Pasien Jiwa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 31 Mar 2023 04:26
Last Modified: 31 Mar 2023 04:26
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item