PENGARUH PENAMBAHAN PASIR PANTAI SEBAGAI BAHAN CAMPURAN STABILISASI TANAH LEMPUNG TERHADAP NILAI CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR)

Nisa, Regia Rahima and Indra, Farni and Indra, Khaidir and Nazwar, Djali and Taufik, Taufik (2023) PENGARUH PENAMBAHAN PASIR PANTAI SEBAGAI BAHAN CAMPURAN STABILISASI TANAH LEMPUNG TERHADAP NILAI CALIFORNIA BEARING RATIO (CBR). Other thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULLTEKS TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
BAB KESIMPULAN SARAN DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (118kB)

Abstract

Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin, beberapa kontruksi jalannya dibangun di atas tanah lempung. Daya dukung tanah yang berkadar lempung sangat sensitif terhadap pengaruh air, dalam keadaan kering mempunyai daya dukung tinggi dan dalam keadaan jenuh akan mempunyai daya dukung yang rendah serta kuat geser tanah turun, sehingga daya dukung tanah tersebut rendah yang menyebabkan lapisan pondasi jalan pada konstruksi jalan terganggu. apabila ada sifat tanah yang masih kurang mampu untuk mendukung suatu bangunan maka harus diperbaiki terlebih dahulu agar mencapai daya dukung yang lebih optimal. Tanah lempung dapat diperbaiki dengan salah satu cara yaitu di stabilisasikan dengan cara menambahkan bahan tambah seperti pasir pantai untuk meningkatkan nilai CBR tanah tersebut. Adapun pengujian yang telah dilakukan adalah analisa saringan, pengujian atterberg, pengujian pemadatan dan pengujian CBR. Kadar campuran pasir pantai yang digunakan adalah 4%, 8%, 12% dan 16%. Dari pengujian CBR diperoleh hasil pada tanah asli sebesar 2,68%, campuran pasir pantai dengan kadar 4% sebesar 5,41%, kadar 8% sebesar 8,19%, kadar 12% sebesar 14,13% dan kadar 16% sebesar 18,80 %. Dari hasil uji CBR dapat dilihat pasir pantai cocok digunakan sebagai bahan campuran stabilisasi tanah lempung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Sipil
Depositing User: Teknik Sipil FTSP
Date Deposited: 03 Apr 2023 02:02
Last Modified: 03 Apr 2023 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12992

Actions (login required)

View Item View Item