PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT PADA KELAS X MIPA SMAN 2 PADANG

VERA, SAFITRI and Khairudin, Khairudin and Syukma, Netti (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA BERKEPRIBADIAN INTROVERT DAN EKSTROVERT PADA KELAS X MIPA SMAN 2 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf

Download (491kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya perhatian guru mengenai pentingnya kepribadian siswa khususnya kepribadian introvert dan ekstrovert. Dalam proses pembelajaran, seringkali guru kurang menyadari adanya perbedaan tersebut sehingga perlakuan terhadap siswa menjadi kurang sesuai dengan kepribadiannya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang perbandingan hasil belajar matemtika siswa berkepribadian introvert dan ekstrovert pada kelas X MIPA SMAN 2 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kepribadian siswa dan mengetahui penyebab rendahnya hasil belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert di SMAN 2 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert pada kelas X MIPA SMAN 2 Padang. Dan pertanyaan dalam penelitian ini adalah apakah penyebab perbedaan hasil belajar matematika siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert pada kelas X SMAN 2 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yaitu seluruh siswa kelas X MIPA 7, dan subjek wawancara yaitu 5 orang siswa, yang terdiri dari 3 orang siswa yang berkepribadian introvert dan 2 orang siswa yang berkepribadian ekstrovert. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket untuk mengetahui kepribadian siswa apakah introvert atau ekstrovert, tes uraian untuk melihat hasil belajar siswa dan wawancara untuk mengetahui penyebab permasalahan siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert terhadap hasil belajar. Dari analisis data angket diperoleh siswa berkepribadian introvert yaitu 14 orang atau 41,17% sedangkan siswa yang berkepribadian ekstrovert yaitu 20 orang atau 58,82%, dan Analisis data hasil belajar diperoleh harga t ’= 1,60 sedangkan dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh –2,15 < 1,60 < 2,15 yang berarti hasil belajar siswa yang berkepribadian introvert sama dengan siswa yang berkepribadian ekstrovert pada kelas X MIPA SMAN 2 Padang. Dari nilai ratarata hasil belajar siswa berkepribadian introvert masih rendah dibandingkan dengan siswa yang berkepribadian ekstrovert. Dan hasil tes siswa berkepribadian introvert hanya 6 orang yang tuntas. Dari analisis data wawancara diperoleh bahwa siswa yang berkepribadian introvert ingin lebih diperhatikan oleh guru. Sedangkan siswa yang berkepribadian ekstrovert ingin belajar yang bervariasi atau tidak terlalu menoton. Untuk itu disarankan kepada guru agar lebih mengenali kepribadian siswa intovert dan ekstrovert dan melakukan pendekatan kepada siswa, sehingga guru dapat membimbing siswa agar lebih mudah mengetahui penyebab permasalahan siswa dalam belajar dikelas. Karena cara belajar siswa dikelas akan mempengaruhi terhadap hasil belajar nya. Selain itu Agar guru lebih fleksibel dalam mengelola pembelajaran sehingga siswa yang berkepribadian introvert dan ekstrovert mendapat perhatian yang berimbang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 02:39
Last Modified: 05 Apr 2023 02:39
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13099

Actions (login required)

View Item View Item