ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON PADA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG

Eka, Julianti and Niniwati, Niniwati and Puspa, Amelia (2018) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN KATEGORI KESALAHAN WATSON PADA SISWA KELAS VII SMPN 31 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-PENDAHULUAN.pdf

Download (569kB)
[img] Text
SKRIPSI UTUH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan banyaknya siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Untuk itu perlu dilakukan analisis tentang jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa serta mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Analisis kesalahan berdasarkan Kategori Kesalahan Watson adalah salah satu metode sederhana yang dapat digunakan untuk menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan persentase kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMPN 31 Padang dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Kategori Kesalahan Watson, 2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMPN 31 Padang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan Kategori Kesalahan Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 yang berjumlah 31 orang. Instrumen penelitian berupa tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan kesalahan yang dilakukan siswa dengan subjek 31 orang siswa. Siswa melakukan kesalahan data tidak tepat (inappropriate data) sebanyak 26.61%, kesalahan prosedur tidak tepat (inappropriate procedure) sebanyak 57.26%, kesalahan data hilang (omitted data) sebanyak 19.35%, kesalahan kesimpulan hilang (omitted cunclusion) sebanyak 53.23%, kesalahan konflik level respon (response level conflict) sebanyak 30.65%, kesalahan masalah hirarki keterampilan (skill hierarchy problem) sebanyak 29.03%, dan selain kategori (ao) sebanyak 0.81%. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah sebagai berikut: 1) Siswa salah memasukan data ke dalam suatu operasi, 2) Siswa kurang memahami konsep himpunan, 3) Siswa siswa kurang lengkap dalam menyelesaikan soal., 4) Siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal, 5) Siswa lupa dalam menuliskan kesimpulan, 6) Siswa masih kurang maksimal dalam menyelesaikan soal, 7) Siswa masih kurang teliti dalam perhitungan, 8) Siswa masih bingung cara apa yang digunakan dalam menjawab soal, 9) Siswa tidak menuliskan jawaban. Dari hasil penelitian disarankan sebaiknya siswa dibiasakan untuk menuliskan hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal cerita matematika, memperbanyak latihan soal, serta dibiasakan untuk menuliskan kesimpulan dari setiap soal cerita matematika. Selain itu, sebaiknya guru menjelaskan kembali materi yang sudah diajarkan untuk memulai materi baru yang berkaitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:23
Last Modified: 05 Apr 2023 04:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item