PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 40 PADANG

Atri, Yunika and Fazri, Zuzano and Fauziah, Fauziah (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 40 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (478kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari siswa yang kurang mampu menjelaskan ide pada permasalahan matematika baik lisan maupun tulisan. Siswa juga kesulitan dalam mengubah soal uraian kedalam model matematika. Agar kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik, maka upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Think Talk Write (TTW) lebih baik dari yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Hipotesis dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Think Talk Write lebih baik dari yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 40 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitiannya adalah kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Data terakhir diperoleh dari tes akhir setelah penulis melakukan pembelajaran selama enam kali pertemuan dengan siswa. Hasil tes akhir pada kelas eksperimen sama baiknya dari pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan melalui pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh t(0,95; 55) = 2,005 sedangkan thitung= -0,97. Jadi t hitung ≤ t (0,95; 55) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 diterima, artinya kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menerapkan model Think Talk Write sama baiknya dari yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan supaya guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran Think Talk Write dalam pembelajaran matematika dan mengkajinya lebih luas lagi hingga model Think Talk Write ini dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:07
Last Modified: 05 Apr 2023 06:07
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13110

Actions (login required)

View Item View Item