PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA SMAN 4 SOLOK

Okta, Ariska and Fazri, Zuzano and Puspa, Amelia (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBASIS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS X MIPA SMAN 4 SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang berdasarkan persentase nilai Ujian Semester Ganjil siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok Tahun Pelajaran 2017/2018. Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok salah satunya disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru dan kurangnya aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perkembangan aktivitas belajar matematika siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok dalam pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Mind Mapping. (2) Membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving berbasis Mind Mapping lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok Pertanyaan yang diajukan pada penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Mind Mapping ?. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Creative Problem Solving Berbasis Mind Mapping lebih baik dari yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 4 Solok tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari empat kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu ii kelas eskperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling, dan kelas yang terpilih adalah X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan analisis data dari aktivitas siswa yang menerapkan model Creative Problem Solving berbasis Mind Mapping, aktivitas siswa cenderung meningkat dari setiap pertemuan dan berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan uji perbedaan rata-rata dengan taraf = 0,05. diperoleh = 5,7472 dan ( , ; ) = 1,6713, berarti ( , ; ) < sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Creative Problem Solving berbasis Mind Mapping lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model Creative Problem Solving berbasis Mind Mapping dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan pembelajaran menjadi lebih aktif dan dapat menjadikan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 05 Apr 2023 06:37
Last Modified: 05 Apr 2023 06:37
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13122

Actions (login required)

View Item View Item