PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG

MUH., FAHMI LATIF and Fazri, Zuzano and Rita, Desfitri (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN TEKNIK SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 12 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
SKRIKPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kendala yang dihadapi guru matematika dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 adalah kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga guru lebih mendominasi proses pembelajaran. Siswa belum dihadapkan dengan suatu masalah yang nyata sebagai dasar memahami hal yang abstrak. Sehingga masih banyak siswa kelas VII SMPN 12 Padang yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada ujian akhir matematika semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan Model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMPN 12 Padang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa pada kelas VIII SMPN 12 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 12 Padang tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari sembilan kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling, karena tiga syarat mulai dari populasi berdistribusi normal dan bervariansi yang homogen serta mempunyai kesamaan rata-rata telah terpenuhi maka kelas yang dipilih adalah VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. ii Berdasarkan analisis data hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan rata-rata taraf . Dari hasil perhitungan diperoleh dan . Karena maka H0 diterima atau dengan kata lain hipotesis yang diajukan ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan model Problem Based Learning dengan Teknik Scaffolding sama baiknya dengan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan pembelajaran biasa pada siswa kelas VIII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika atau pembaca dapat lebih menyesuaikan lagi teknik scaffolding yang dijalankan dengan teori yang telah diungkapkan dalam proses pembelajaran. Masalah yang disajikan pada LKS hendaknya memperhatikan kepadatan halaman agar siswa tertarik membaca masalah tersebut

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 10 Apr 2023 02:57
Last Modified: 10 Apr 2023 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13289

Actions (login required)

View Item View Item