PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 1 TANJUNG BARU

Rahmi, Aisyah and Fazri, Zuzano and Zulfa, Amrina (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 1 TANJUNG BARU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover-BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
skipsi Rahmi Aisyah (1410013211024).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 1 Tanjung Baru salah satunya disebabkan karena pembelajaran yang masih terpusat pada guru, siswa tidak mau bertanya dalam proses pembelajaran, dan saat diberikan latihan, beberapa siswa hanya menyalin jawaban temannya, ada juga yang mengerjakannya sendiri, tetapi tidak dapat menyelesaikan dengan tepat. Untuk mengatasi hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan pembelajaran biasa di kelas IX SMPN 1 Tanjung Baru Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa di kelas IX SMPN 1 Tanjung Baru. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 1 Tanjung Baru tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari empat kelas. Kelas sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eskperimen dan kelas kontrol. Untuk pengambilan sampel diambil dua kelas secara acak yang memiliki kesamaan rata-rata, dan kelas yang terpilih adalah IX.1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas IX.2 sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data dari aktivitas siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing, hasil belajar matematika siswa pada kelas sampel, dengan uji perbedaan rata-rata dengan taraf . diperoleh dan , berarti ii sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik dari hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran biasa di kelas IX SMPN 1 Tanjung Baru. Dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan model pembelajaran problem posing tipe post solution dalam pembelajaran matematika sebagai salah satu usaha untuk menjadikan hasil belajar siswa yang lebih baik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 10 Apr 2023 04:16
Last Modified: 10 Apr 2023 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item