Luthfina, Fauziati and Edrizon, Edrizon and Fauziah, Fauziah (2018) Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Padang Tahun Pelajaran 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER-BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
Skripsi Luthfina Fauziati.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurangnya kemampuan koneksi matematis siswa, salah satunya dalam menggunakan ide-ide matematika yang berhubungan dan saling berkaitan, selain itu siswa tidak dapat mengkaitkan materi yang sedang dipelajari dengan materi sebelumnya, guru cenderung memberikan soal kepada siswa berbentuk pemecahan masalah dan penalaran, siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru hanya untuk menambah nilai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini difokuskan pada tiga indikator menurut NCTM (National Council of Teacher of Mathematics) yaitu: (1) mengenal dan menggunakan hubungan antara ide-ide matematika; (2) memahami bagaimana ide-ide matematika berhubungan dan saling berkaitan sehingga merupakan satu sistem yang utuh; (3) mengenal dan menerapkan matematika pada bidang lain. Adapun pertanyaan dalam penelitian ini adalah : bagaimana kemampuan koneksi matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, ada pun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang pada tahun pelajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII9 yang diambil dengan teknik purposive sampling dilihat dari nilai rata-rata hasil Ulangan Harian Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018 kelas VII9 mendekati nilai KKM sekolah yaitu 76,00. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan ketiga indikator diperoleh 30.28% dengan kategori sangat kurang. Dengan pembagian kelompok yaitu kelompok tinggi mencapai 47.91% termasuk kategori cukup, kelompok sedang mencapai 29.48% termasuk kategori sangat kurang , dan kelompok kurang mencapai 4.92% termasuk kategori sangat kurang. Dari penelitian yang dilakukan, siswa masih belum menguasai kemampuan koneksi matematis dengan sangat baik, siswa masih belum menguasai ketiga indikator kemampuan koneksi matematis terutama dalam mengenal dan menerapkan matematika pada bidang lain. Dari hasil penelitian disarankan agar guru dapat melakukan pelaksanaan pembelajaran yang bagus dalam rangka meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 04:21 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 04:21 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13291 |
Actions (login required)
View Item |