Hukum Perbankan Indonesia : Keterkaitan dengan berbagai aspek dari otoritas jasa keuangan ,bank indonesia dan lembaga penjamin simpanan

Elyana Novira, Elyana Novira (2023) Hukum Perbankan Indonesia : Keterkaitan dengan berbagai aspek dari otoritas jasa keuangan ,bank indonesia dan lembaga penjamin simpanan. Perpustakaan Universitas Bung Hatta.

[img] Text
HUKUM PERBANKAN INDONESIA acc cetak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Puji syukur kehadiran Allah Swt., karena dengan berkah rahmat karunia dan rida-Nya, sehingga Penulis dapat menyelesaikan penyusunan buku ini. Selawat beriringan salam, hendaknya tercurah selalu kepada Nabi Muhammad Saw., keluarga dan para sahabatnya. Industri perbankan mempunyai peranan penting dalam memperbaiki dan memperkuat sektor keuangan untuk mendukung perekonomian nasional. Fungsi bank merupakan “jantung” dari pasar uang. Pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional memerlukan dukungan dari bank yang kuat dan berdaya saing, serta mampu mengatasi tren perkembangan bisnis dan industri perbankan, termasuk perkembangan dan inovasi teknologi informasi. Fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan suatu pengawasan kegiatan jasa keuangan di sektor perbankan beralih dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan. Kehadiran buku ini, dimaksud untuk membahas aspek hukum di bidang perbankan, tidak hanya mencakup kelembagaan, kegiatan usaha dan cara, serta proses dalam melaksanakan kegiatan usaha dari suatu bank,termasuk juga restrukturisasi bank yang merupakan bagian langkah memperkuat bank dan menyehatkan bank. Penulis juga mengajak melihat berbagai aspek dari Badan Penyehatan Perbankan Nasional, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan dan Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga kiranya buku yang sederhana ini dapat memperkaya kepustakaan hukum perbankan dan dapat memperluas sudut pandang dalam mempelajari hukum perbankan dan lembagalembaga lain yang terkait erat dengan dunia perbankan. Dukungan dan doa tiada henti yang mengiringi perjalanan Penulis dari kedua orangtua yaitu Drs. H. Hasan Basri Durin (Alm.) dan Zuraida Manan, semoga Alm. ayahanda ditempatkan oleh Allah di Surga-Nya dan semoga ibunda senantiasa berada dalam lindungan Allah Swt. Ucapan terima kasih diucapkan kepada Prof. Dr. Zainul Daulay, S.H., M.H., Prof. Firman Hasan, S.H., LLM, dan Prof. Dr. Busyra Azheri, S.H., M.H. Buku ini dibingkiskan untuk suami tercinta Asnawi Bahar, S.E., M.Si., dan anak-anakku tersayang: Oki, Anda, Izdi, Alya dan Danti, serta menantu-menantu dan cucu-cucu tercinta. Terima kasih atas segala dukungan dan perhatiannya selama ini.

Item Type: Book
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:35
Last Modified: 10 Apr 2023 07:35
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13293

Actions (login required)

View Item View Item