ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI SMP NEGERI 9 PARIAMAN

RAYCHA, DISA VIONA and Rita, Desfitri and Yusri, Wahyuni (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DI SMP NEGERI 9 PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (618kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya siswa yang melakukan kesalahan saat menyelesaikan soal matematika walapun pembelajaran yang dilakukan sudah baik. Hal lain yang menjadi latar belakang penelitian adalah siswa belum terbiasa belajar menggunakan model pembelajaran problem posing dan pembelajaran yang dilakukan masih terpusat pada guru. Oleh karena itu, diperlukan kajian mendalam tentang kesalahan dan penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan persentase kesalahan- kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pariaman dalam menyelesaikan soal matematika pada model pembelajaran problem posing. 2) mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pariaman salah dalam menyelesaikan soal matematika pada model pembelajaran problem posing. Pertanyaan penelitian ini adalah 1) Berapa persentase kesalahan konsep, prinsip, dan algoritma yang siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada model pembelajaran problem posing?; 2) Apa penyebab kesalahan siswa kelas VII SMPN 9 Pariaman dalam menyelesaikan soal matematika pada model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan objek atau subjek yang diteliti sesuai dengan apaadanya, dengan tujuan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek yang diteliti secara tepat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 9 Pariaman yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling sehingga terpilih kelas VII.4. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis berbentuk uraian dan wawancara kepada beberapa siswa yang terpilih berdasarkan keputusan guru dan jumlah kesalahan yang dilakukan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika mengenai penyajian data dalam bentuk diagram batang dan garis yang dikelompokkan kedalam tiga jenis kesalahan, yaitu 1) kesalahan konsep sebesar 57,89%, 2) kesalahan prinsip sebesar 65,79%, dan 3) kesalahan algoritma sebesar 28,95%. Dari hasil wawancara ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan diantaranya siswa ceroboh dalam menyelesaikan soal matematika, siswa salah memahami suatu materi, dan siswa kurang memahami pengetahuan prasyarat, faktor lingkungan, faktor instrumental, dan kondisi psikologis. Secara umum dapat dikatakan bahwa faktor internal dan eksternal menjadi penyebab siswa melakukan kesalahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:00
Last Modified: 12 Apr 2023 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item View Item