PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 27 PADANG

Widya, Wara Anjani and Niniwati, Niniwati and Fauziah, Fauziah (2018) PENGARUH KECERDASAN LOGIS MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX SMPN 27 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER-BAB I.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB II- Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kurang mampu menyelesaikan permasalahan matematika, malas dalam berhitung dan kurang aktif dalam berfikir. Rendahnya kemampuan berfikir siswa yang dipengaruhi oleh kecerdasan yang dimilikinya serta minat siswa dalam belajar. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tentang pengaruh kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 27 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 27 Padang. Hipotesis penelitian ini adalah adanya pengaruh kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMPN 27 Padang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa angket kecerdasan logis matematis dan minat belajar, serta tes hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari sampel 28 orang siswa terdapat koefisien korelasi antara kecerdasan logis matematis dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 0,3 dengan persamaan regresi = 143,29 – 0,606X1– 0,397X2. Selain itu, kecerdasan logis matematis dan minat belajar memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap hasil belajar matematika yaitu hanya sebesar 9% dengan Fhit < Ftab yaitu 1,24 < 3,39. Dengan demikian, kecerdasan logis matematis dan minat belajar secara simultan tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IX SMPN 27 Padang. Maka hipotesis H0 dalam penelitian ini di tolak. Hal ini dikarenakan saat memberikan soal tes, penulis tidak melihat secara langsung bagaimana guru menjelaskan materi dan mungkin siswa masih belum mengerti mengenai materi tersebut. Serta saat pengisian angket, siswa tidak ii sungguh-sungguh mengisi tanpa memperhatikan pernyataan yang ada diangket. Pengisian angket juga tergantung pada Sumber Daya Manusia (SDM) dan sekolah. Dari hasil penelitian ini diharapkan guru mengetahui tingkat kecerdasan logis matematis dan minat belajar siswanya, sehingga mampu memilih metode pembelajaran yang nantinya diterapkan dalam proses pembelajaran guna mengembangkan kecerdasan logis matematis dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:51
Last Modified: 12 Apr 2023 02:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13335

Actions (login required)

View Item View Item