Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 34 Padang

Suci, Ramadhani and Fazri, Zuzano and Yusri, Wahyuni (2018) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Rotating Trio Exchange terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 34 Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (665kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Proses pembelajaran yang masih banyak melibatkan peran guru, serta diskusi kelompok yang belum berjalan dengan baik, membuat siswa pasif dalam memahami materi dan menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Dalam proses pembelajaran guru menyajikan materi dan memberikan beberapa contoh soal beserta langkah penyelesaiannya. Jadi, dalam menyelesaikam soal latihan siswa terbiasa meniru proses penyelesaian yang dicontohkan guru. Hal ini menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang butuh pemahaman bagus. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menerapkan Strategi Pembelajaran rotating trio exchange. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran rotating trio exchange lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 34 Padang. Hipotesis penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan strategi pembelajaran rotating trio exchange lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 34 Padang Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 34 Padang tahun pelajaran 2017/2018. Untuk sampel dipilih 2 kelas yang memiliki kesamaan rata-rata, yaitu kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Hasil tes akhir dari kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan rumus t-test. Setelah dilakukan pengolahan data diperoleh = 2.46 dan ( . ; ) = 1.675 dengan taraf = 0,05 sehingga > ( . ; ) maka hipotesis penelitian diterima. Dengan demikian ii disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan Strategi Pembelajaran rotating trio exchange lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang pembelajarannya menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP N 34 Padang. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru matematika dapat menerapkan strategi pembelajaran rotating trio exchange sebagai salah satu usaha untuk menjadikan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 12 Apr 2023 02:56
Last Modified: 12 Apr 2023 02:56
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item