PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KOTA PADANG

Dian, Ollivia and Erman, Har and Lisa, Deswati (2018) PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI DIAN OLLIVIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan pengetahuan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan tingkat pendidikan, 2) mengetahui perbedaan keterampilan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan tingkat pendidikan, 3) mengetahui perbedaan pengetahuan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan pengelaman kerja, 4) mengetahui keterampilan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan pengelaman kerja, dan 5) mengetahui hubungan antara pengetahuan guru dan keterampilan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK. Jenis penelitian ini adalah deskriftif kuantitatif. Pengembilan sampel dilakukan secara pruposive sampling, sehingga di dapatkan sampel sebanyak 131 orang guru sains yang ada di kota Padang. Analisis dilakukan secara deskriptif dan inferensi dengan menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan tingkat pendidikan pengetahuan guru terhadap TIK terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang berpendidikan S1 dengan guru yang berpendidikan S2 dengan nilai t= -3.776 (p=0.000<0.05). Keterampilan guru terhadap TIK berdasarkan tingkat pendidikan terdapat perbedaan yang signifikan antara guru yang berpendidikan S1 dengan guru yang berpendidikan S2 dengan nilai t= - 3.482 (p=0.001<0.05). Berdasarkan pengalaman kerja pengetahuan guru terhadap TIK terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai F=22.909, p= 0.000<0.05, untuk keterampilan guru terhadap TIK juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dengan nilai F=31.528, p= 0.000<0.05 dan terdapat hubungan keterampilan dengan pengetahuan guru tentang TIK dengan koefesien korelasi sangat kuat (r) sebesar 0.920. Implikasi dari penelitian ini adalah pemerintah dapat memberikan pelatihan komputer terhadap guru dan menyediakan fasilitas komputer serta internet di sekolah. Kata kunci: Pengetahuan, keterampilan, teknologi informasi dan komunikasi, guru sains

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 May 2023 04:33
Last Modified: 09 May 2023 04:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item View Item