PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MEDIA KOMIK BERWARNADISERTAI TEKA TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP N 16 PADANG

Deva, Novianti and Lisa, Deswati and Gusmaweti, Gusmaweti (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK MEDIA KOMIK BERWARNADISERTAI TEKA TEKI SILANG PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN DI KELAS VII SMP N 16 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui validitas dan praktikalitas bahan ajar berbentuk media komik yang disertai teka teki silang; (2) Menghasilkan bahan ajar berbentuk media komik berwarna disertai teka teki silang tentang materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII semester 2 SMP yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan untuk mengembangan bahan ajar berbentuk media komik menggunakan tiga tahap dari model 4-D, yaitu define(pendefenisian), design (perancangan) dan develop (pengembangan). Bahan ajar berbentuk media komik disertai teka teki silang divalidasi oleh 2 orang validator, yaitu 1 orang dosen Biologi dan 1 orang dosen Teknik Komputer, sedangkan uji praktikalitas dilakukan kepada 1 orang guru dan 50 orang siswa Kelas VII SMP N 16 Padang. Data penelitian ini adalah data primer yang diambil dari angket validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dihasilkan adalah bahan ajar berbentuk media komik berwarna disertai teka teki silang pada materi sistem organisasi kehidupan dengan tingkat kevalidan 92,07% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya nilai praktikalitas dari guru sebesar 90,62% dan dari siswa sebesar 90,03% masing-masing dengan kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan, bahan ajar berbentuk media komik berwarna disertai teka teki silang tentang materi sistem organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII semester 2 dinyatakan valid dan praktis. Kata Kunci: Komik, sistem organisasi kehidupan, valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 May 2023 04:36
Last Modified: 09 May 2023 04:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13444

Actions (login required)

View Item View Item