SIKAP DAN PENGETAHUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMAN SE- KABUPATEN PESISIR SELATAN

Ade, Irma Suriani and Erman, Har and Wince, Hendri (2018) SIKAP DAN PENGETAHUAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI SMAN SE- KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI ADE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mempelajari sikap, pengetahuan, hubungan antara sikap dan pengetahuan guru dalam pembelajaran sains berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMAN se-kabupaten Pesisir Selatan berdasarkan pendidikan dan pengalaman kerja, dengan 47 orang guru sebagai responden, populasi penelitian ini meliputi seluruh guru sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, penarikan sampel secara simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang didapatkan diolah dengan menggunakan SPSS 16 untuk analisa data independent sampel T-Test, One Way Anova, dan Corellation Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap TIK guru sains berdasarkan pendidikan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai t=1.134 dan sikap TIK guru sains berdasarkan pengalaman kerja tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai t=.408. Pengetahuan TIK guru sains berdasarkan pendidikan tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai t=- 1.140 dan pengetahuan TIK guru sains berdasarkan pengalaman kerja tidak terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai t=-353. Hasil analisis hubungan sikap dengan pengetahuan guru terhadap TIK menunjukkan hubungan yang sangat kuat (r=0.412). Kata Kunci : Sikap guru, Pengetahuan guru, Sains, Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 May 2023 07:03
Last Modified: 09 May 2023 07:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item View Item