Nurul, Aeni Rahmawati and Wince, Hendri and Lisa, Deswati (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 3 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
SKRIPSI NURUL AENI RAHMAWATI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran (Predict Observe Explain) terhadap hasil belajar biologi siswa dan meningkatkan aktivitas pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 215 siswa.Penentuan kelas sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan kemudian dilakukan pengundian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran (Predict Observe Explain) berpengaruh terhadap hasil belajar pada ranah kognitif (thitung 2,71> ttabel 1,96) pada taraf nyata (α = 0,05). Nilai rata-rata kelas eksperimen 84,67 ± 10,27 dengan ketuntasan 80,55 dan kelas kontrol 77,67 ± 9,59 diperoleh ketuntasan 41,67. Dengan menggunakan model pembelajaran POE dapat meningkatkan aktivitas siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata 82,33 % lebih tinggi dibandingkan dari kelas kontrol 73,47 % (H1 diterima dan H0 ditolak). Oleh karena itu disarankan kepada guru maupun peneliti selanjutnya agar dapat menerapkan model pembelajaran (Predict Observe Explain) untuk memotivasi siswa dengan waktu yang optimal untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan cara berfikir siswa, membantu hasil belajar siswa dengan kemampuan siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Biologi, Model POE (Predict Observe Explain), hasil belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Erlya Wahyuni |
Date Deposited: | 09 May 2023 07:12 |
Last Modified: | 09 May 2023 07:12 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13450 |
Actions (login required)
View Item |