SIKAP DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TIK DI SMA NEGERI KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Dwi, Fitri and Erman, Har and Lisa, Deswati (2018) SIKAP DAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERBASIS TIK DI SMA NEGERI KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI DWI Bismillah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan sikap guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan pengalaman pelatihan komputer; 2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan pengalaman pelatihan komputer; 3). mendeskripsikan sikap guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan usia 4) mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran sains berbasis TIK berdasarkan usia 5) melihat hubungan antara sikap dan keterampilan. Populasi penelitian ini meliputi seluruh guru sains di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 138 guru, karena cakupan wilayah yang cukup luas dan keterbatasan waktu, biaya dan tenaga maka pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Random Sampling dengan criteria tertentu didapatkan jumlah sampel sebanyak 84 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan sekala linkert, penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Diolah menggunakan SPSS 15. Analisis data independent sampel T-Test, One way Anova dan Correlasion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa;1) sikap guru sains yang mengikuti pelatihan komputer dua kali dalam penggunaan TIK jauh lebih tinggi atau lebih positif dibandingkan dengan sikap guru sains yang hanya mengikuti pelatihan komputer hanya sekali;2) keterampilan guru sains yang mengikuti pelatihan komputer dua kali lebih tinggi atau lebih baik dibandingkan dengan keterampilan guru sains yang hanya mengikuti pelatihan komputer hanya sekali;3) tidak ada perbedaan yang signifikan sikap guru sains berdasarkan pada usia;4) keterampilan guru yang ber usia 20-30 memiliki keterampilan yang lebih unggul daripada guru yang berusia > 41 tahun;5)terdapat hubungan yang signifikan antara sikap dan keterampilan dengan signifikansi (2-tailed) adalah 0,017 < 0,05, dimana terdapat 5 % tingkat kesalahan dan 95 % tingkat kepercayaan. Kata kunci: Sikap, Keterampilan, Sains, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 09 May 2023 07:33
Last Modified: 09 May 2023 07:33
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item View Item