PELAKSANAAN UJI KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP ANGKUTAN BARANG OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PADANG

BILKIS ISVINOLA, BILKIS ISVINOLA (2018) PELAKSANAAN UJI KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP ANGKUTAN BARANG OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
BILKIS ISVINOLA cover bab i.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BURNING SKRIPSI WORD PUSTAKA BILKIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)

Abstract

KAJIAN YURIDIS PELAKSANAAN UJI KENDARAAN BERMOTOR TERHADAP ANGKUTAN BARANG OLEH DINAS PERHUBUNGAN KOTA PADANG 1 Bilkis isvinola 1 1 , Nurbeti , Suamperi Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email : isvinolabilkis@gmail.com ABSTRAK Dalam proses penyediaan sarana transportasi untuk masyarakat harus dalam kondisi laik jalan sebagaimana diatur dalam Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam penulisan skripsi ini penulis meneliti terkait dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1.Bagaimanakah pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor terhadap angkutan barang oleh Dinas Perhubungan Kota Padang. 2.Apakah kendala yang ditemui dalam pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor oleh Dinas Perhubungan Kota Padang. 3.Apakah upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang ditemui dalam pelaksanaan kendaraan bermotor oleh Dinas Perhubungan Kota Padang. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu secara yuridis sosiologi dengan analisa kualititatif deskriptif menggunakan data primer dan sekunder. 1.Tahap pelaksanaan uji kendaraan bermotor terhadap angkutan barang dimulai dengan :Pendaftaran oleh pemilik kendaraan dengan membawa persyaratan, Pemeriksaan administrasi, Pemeriksaan fisik kendaraan, dan Pengujian teknis kendaraan. 2.Kendala - kendala yang ditemukan dalam pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor yaitu sarana dan prasarana pada UPT-PKB tidak memadai, kurang terampilnya kerja penguji, kurangnya pengawasan terhadap praktek suap. 3.Upaya yang dilakukan dengan meningkatkan kualitas sarana dan pelayanan yang transparan dan hasil yang akurat, memberikan pelatihan maupun pendidikan terhadap penguji, proses pengujian harus sesuai standar, dan mengawasi kemungkinan terjadinya praktek suap. Kata Kunci : Pengujian Kendaraan, Angkutan Barang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 12 May 2023 04:06
Last Modified: 12 May 2023 04:06
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13523

Actions (login required)

View Item View Item