PERAN DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA SAWAHLUNTO DALAM MENANGGULANGI KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan PN Sawahlunto Nomor 67/Pid.Sus/2017/PN SWL Tahun 2017)

Nadia, Eriska Andricos and Pebriyenni, Pebriyenni and MUSLIM, MUSLIM (2018) PERAN DINAS SOSIAL, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DESA, PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KOTA SAWAHLUNTO DALAM MENANGGULANGI KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK (Studi Kasus Putusan PN Sawahlunto Nomor 67/Pid.Sus/2017/PN SWL Tahun 2017). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak dilihat dari segi pencegahan kekerasan seksual dan pelayanan terpadu pada anak korban kekerasan seksual di Kota Sawahlunto. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder. Dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara kepada informan yang dianggap berpotensi untuk memberikan informasi tentang bagaimana peran Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Sawahlunto dalam menanggulangi kekerasan seksual terhadap anak. Hasil penelitian terhadap bagaimana Peran Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Sawahlunto dalam menanggulangi kekerasan seksual pada anak dilihat dari pencegahan kekerasan seksual pada anak melalui sosialisasi tentang bagaimana pencegahan kekerasan seksual pada anak yang dilaksanakan oleh Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) kepada guru dan siswa, tersedianya forum anak Kota Sawahlunto diamana pengurusnya adalah anak yang aktif dalam organisasi untuk menampung aspirasi anak, menjadi perwakilan menyampaikan aspirasi anak dari tempat mereka tinggal dan penyediaan wadah perlindungan yakni Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dimana tersedianya psikolog. Kemudian, dilihat dari penyelenggaraan terpadu dari Dokter yaitu pemeriksaan, pengobatan anak korban kekerasan seksual, melakukan pemeriksaan medikolegal meliputi barang bukti pada korban. Penyediaan wadah perlindungan Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) dimana psikolog memberikan motivasi kepada korban kekerasan seksual. Kata Kunci :Peran Dinas Sosial, Kekerasan seksual, Anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 May 2023 02:44
Last Modified: 15 May 2023 02:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13554

Actions (login required)

View Item View Item