PERAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI NAGARI DUSUN TANGAH KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN

Afriwendi, Afriwendi and Pebriyenni, Pebriyenni and NURHARMI, NURHARMI (2018) PERAN DANA DESA DALAM MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR JALAN DI NAGARI DUSUN TANGAH KECAMATAN SANGIR BATANG HARI KABUPATEN SOLOK SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Dana Desa dalam Meningkatkan Pembangunan Infrastruktur Jalan di Nagari Dusun Tangah Kecamatan Sangir Batang Hari. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan ialah panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan dana desa yang diperuntukkan dalam pembangunan infrastruktur jalan di nagari dusun tangah sudah dimanfaatkan dengan baik dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan karena dengan adanya jalan tersebut dapat memperlancar akses perkebunan masyarakat dan memiliki waktu yang relatif singkat dalam mengangkut hasil produksi pertanian. Kemudian kendala yang sering dihadapi oleh pemerintah nagari dalam pelaksanaan pembangunan jalan yaitu bahwa masyarakat belum menyadari bahwa lahan mereka yang terpakai dalam pembangunan tersebut tidak ada ganti rugi dari dana desa tersebut, sehingga dampak tersebut bisa merobah gambar atau rincian biaya yang sudah tersusun dengan baik. Selanjutnya faktor pendukung dari dana desa dalam pembangunan infrastuktur jalan di nagari dusun tangah masyarakat ikut memberikan partisipasi dalam pelaksanaan pembangunan jalan tersebut seperti gotong-royong dan memberikan swadaya sehingga pembangunan tersebut melebihi volume yang ditetapkan dan pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaiknya. Kata Kunci: Peran, Dana Desa, Infrastruktur Jalan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 May 2023 03:20
Last Modified: 15 May 2023 03:20
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13561

Actions (login required)

View Item View Item