WEWENANG KEPOLISIAN DALAM PENYELESAIAN KASUS TINDAK PIDANA PERJUDIAN MENURUT PASAL 303 KUHP DI KECAMATAN RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT

Ramon, Sondia Putra and Yusrizal, Yusrizal and MUSLIM, TAWAKAL (2018) WEWENANG KEPOLISIAN DALAM PENYELESAIAN KASUS TINDAK PIDANA PERJUDIAN MENURUT PASAL 303 KUHP DI KECAMATAN RANAH BATAHAN KABUPATEN PASAMAN BARAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wewenang kepolisian dalam penyelesaian kasus tindak pidana perjudian di Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran yang faktual mengenai Wewenang Kepolisian Ranah Batahan dalam penyelesaian kasus perjudian. Wewenang Kepolisian Negara Republik Indonesiadalam melakukan penyelesaian dan penanggulangan tindak pidana pelaku perjudian telah dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang No. 2 Tahun 2002 pasal 15 poin ke tiga yaitu mencegah dan menanggulangi timbulnya penyakit masyarakat salah satunya tindak pidana perjudian. Instrumen yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kapolsek Ranah Batahan telah menjalankan pelaksanaan penyelesaian dan penanggulanganterhadap maraknya tindak pidana perjudian di Kecamatan Ranah Batahan adapun kasus tindak pidana perjudian yang dilaporkan masyarakat pada tahun 2017 ada tiga yang dilaporkan masyarakat dan yang tidak dilaporkan ada satu perkara, sementara yang terselesaikan oleh pihak kepolisian ada empat perkara yang sampai ke pengadilan. kepolisian Ranah Batahan hendaknya menambah personil yang diturunkan saat melaksanakan penyergapan ke lokasi perjudian agar penyergapan yang dilaksanakan lebih maksimal. Kata Kunci : Wewenang Kepolisian, Perjudian, dan Tindak Pidana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 May 2023 03:41
Last Modified: 15 May 2023 03:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13564

Actions (login required)

View Item View Item