PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEHARI DADOK TU Ditulis Guna PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TEMA KEPERLUAN -HARI SISWA KELAS III DI SDN 43 NGGUL HITAM PADANG

Yuanita, Putri Daulis and Muhammad, Sahnan and Hidayati, Azkiya (2018) PENGARUH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SEHARI DADOK TU Ditulis Guna PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MODEL PEMBELAJARAN CIRCUIT LEARNING TEMA KEPERLUAN -HARI SISWA KELAS III DI SDN 43 NGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (244kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil obserasi kegiatan pembelajaran IPS di kelas III SDN 43 Dadok Tunggul Hitam yang mana guru masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab saja tanpa divariasikan dengan metode/model pembelajaran lain yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran Circuit Learning yang dapat mengaktifkan siswa dalam pembelajaran dan mempermudah siswa menyerap materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerapan Model Circuit Learningterhadap Hasil Belajar IPS Tema Keperluan Sehari-hari Siswa Kelas III SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data hasil belajar IPS adalah tes objektif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 43 Dadok Tunggul Hitam Padang yang berjumlah 60 siswa. Dalam penelitian ini sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling dimana kelas IIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIB sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hasil belajar setelah diberikan perlakuan didapatkan rata-rata nilai tes siswa kelas eksperimen 83,83 dan siswa kelas kontrol 78,66. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,789 dan nilai ttabel sebesar 2,002 pada taraf nyata signifikan 0,975. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar IPS siswa kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Circuit Learning. Kata Kunci: circuit learning, hasil belajar IPS, keperluan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 30 May 2023 03:14
Last Modified: 30 May 2023 03:14
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13790

Actions (login required)

View Item View Item