Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 07 Air Pura by Arlina Yuza, Dini Susanti, Siska Wulandari, Ridania Ekawati, Desminar Desminar

Arlina, Yuza (2021) Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar Negeri 07 Air Pura by Arlina Yuza, Dini Susanti, Siska Wulandari, Ridania Ekawati, Desminar Desminar. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 4 (2). pp. 61-71. ISSN 2715-8403

[img] Text
2. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat Vol.4 No.2 2021.pdf

Download (336kB)
Official URL: http://repo.bunghatta.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 07 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Dalam pembelajaran peserta didik kurang aktif dalam berdiskusi. Oleh karena itu berakibat kepada rendahnya hasil belajar peseta didik. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model Problem Based learning di kelas IV SDN 07 Airpura Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 07 Airpura kabupaten pesisir selatan, dengan jumlah siswa 20 orang tahun ajaran 2020/2021. Penelitian dilaksanaan dua siklus, setiap siklus dua kali pertemuan dan penelitian ini menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini terus meningkat dari siklus ke siklus. Hasil RPP siklus I 75%, pada siklus II 86,25%. Aspek guru siklus I 79,69% pada siklus II 87,51%. Aspek siswa siklus I 76,57% pada siklus II 84,38%. Hasil belajar dari siklus I 69,56% pada siklus II 80,09%. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: wirnita Ubh
Date Deposited: 15 Jun 2023 12:50
Last Modified: 15 Jun 2023 12:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13901

Actions (login required)

View Item View Item