PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT SEBAGAI LEMBAGA PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus : Polresta Padang )

YOGI RAHMADI, YOGI RAHMADI (2018) PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT SEBAGAI LEMBAGA PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus : Polresta Padang ). Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
YOGI RAHMADI cover dan bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI YOGI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PERAN OMBUDSMAN REPUBLIK INDONESIA PERWAKILAN PROVINSI SUMATERA BARAT SEBAGAI LEMBAGA PENGAWASAN PELAYANAN PUBLIK ( Studi Kasus : Polresta Padang) Yogi Rahmadi¹ ,Nurbeti, S.H., M.H¹ ,Drs. Suparman Khan, M.Hum¹, ¹Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Yogirahmadi@gmail.com ABSTRAK Pelayanan Publik merupakan segala kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik sebagai upaya pemenuhan kebutuhan pelayanan publik. Menurut Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia, Ombudsman berfungsi mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yang diselenggarakan oleh penyelenggara Negara dan Pemerintah baik pusat maupun daerah. Pelayanan publik yang terjadi di Instansi Pemerintahan seperti di Polresta Padang banyaknya pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan yang dilakukan oleh aparat Kepolisian Polresta Padang yang sangat bertentangan dengan prinsip pelayanan publik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan tugas dan wewenang Ombudsman. 2. Bagaimana hubungan Ombudsman sebagai lembaga pengawasan Eksternal dengan lembaga pengawas Internal. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian secara yurudis sosiologis. Yaitu dengan melakukan penelitian lansung ke tempat Ombudsman terkait melakukan wawancara kepada pegawai Ombudsman. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang dapat di tarik yaitu: 1. Pelaksanaan tugas Ombudsman Sebagai pengawasan pelayanan publik menindak lanjuti laporan atas dugaan maladministrasi. 2. Hubungan Ombudsman sebagai lembaga pengawasan eksternal dengan lembaga pengawasan internal yaitu: Ombudsman sebagai Perwakilan Sumatera Barat tidak dapat bekerja sendiri dalam melaksanakan tugas dan kewewenangannya, perlu adanya kerja sama antara masyarakat dan istansi pemerintahan yang terkait, dalam hal ini adalah lembaga pengawas internal. Kata Kunci : Ombudsman, Pelayanan Publik

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:44
Last Modified: 23 Jun 2023 03:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item