ANALISA PERHITUNGAN BIAYA ARSITEKTUR DAN INSTALASI PEMADAM KEBAKARAN PADA PROYEK KLINIK ASMA DAN ALERGI DR. INDRAJANA JAKARTA PUSAT

Violin, Lazuardi and Nursyam, Saleh and Fielda, Roza (2018) ANALISA PERHITUNGAN BIAYA ARSITEKTUR DAN INSTALASI PEMADAM KEBAKARAN PADA PROYEK KLINIK ASMA DAN ALERGI DR. INDRAJANA JAKARTA PUSAT. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (393kB)
[img] Text
TA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perhitungan biaya arsitektur dihitung berdasarkan gambar kerja yang telah direncanakan oleh arsitek perencana. Sedangkan gambar kerja untuk pekerjaan instalasi pemadam kebakaran di buat oleh konsultan ME. Semakin detail gambar yang di berikan oleh arsitek dan konsultan ME maka semakain mudah pula Quantity Surveyor menghitung volume pekerjaannya. Untuk dapat mengetahui harga item pekerjaan, waktu pelaksanaan, biaya selama proses pekerjaan arsitektur dan instalasi pemadam kebakaran maka dilakukanlah analisa perhitungan biaya berdasarkan volume pekerjaan, harga upah dan material.Item kerja yang termasuk dalam pekerjaan arsitektur adalah pekerjaan dinding, kuzen, lantai, plafond dan alat sanitair. Sedangkan instalasi pemadam kebakaran termasuk dalam pekerjaan mekanikal dan elektrikal.Penyusunan laporan tugas akhir dilakukan dengan metode perhitungan taking off dengan format microsoft excel. Objek yang dihitung adalah Klinik Asma dan Alergi Dr. Indrajana, Tanah Abang Jakarta Pusat dengan jumlah lantai 8 lantai ditambah lantai atap.Tujuan analisa perhitungan biaya arsitektur dan instalasi pemadam kebakaran adalah untuk mengaplikasikan teori yang telah dipelajari selama proses perkuliahan menjadi sebuah hasil analisa perhitungan biaya yang diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar diploma III Teknik pada jurusan Teknik Ekonomi Konstruksi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Bung Hatta.Analisa perhitungan biaya asrsitektur dan instalasi pemadam kebakaran yang dikerjakan menghasilkan dokumen kontrak berupa Quantity take off, rencana anggaran biaya (RAB), time schedule (Kurva S), dan cash flow (arus kas) yang dilampirkan dalam penyusunan dokumen kontrak. Kata Kunci: Konsultan ME, Arsitektur, Quantity Surveyor, Taking off, Quantity take off, Time Sechedule, Cash flow.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan > Teknik Ekonomi Konstruksi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:44
Last Modified: 26 Jun 2023 07:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/13988

Actions (login required)

View Item View Item