PERAN BUPATI SEBAGAI KEPALA DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAN PENDIDIKAN

ROSI SUSANTI, ROSI SUSANTI (2018) PERAN BUPATI SEBAGAI KEPALA DAERAH DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANAH DATAR NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAN PENDIDIKAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ROSI SUSANTI cover.pdf

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI ROSI SUSANTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

PERAN BUPATI SEBAGAI KEPALA DAERAH DALAM PENYELENGGARAN PENDIDIKAN BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2015 TENTANG PENYELENGGARAN PENDIDIKAN Rosi Susanti 1 , Dr. Sanidjar Pebrihariati R, S.H.,M.H 1 , Suamperi S.H.,M.H 1 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta Email : rosisusantiii26@gmail.com Abstrak Bupati memiliki peran penting dalam agenda pembangunan Kabupaten Tanah Datar dibidang pendidikan yaitu pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan diperlukan upaya peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang di jelaskan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tanah Datar Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan. Adapun rumusan masalah yaitu: 1 ) Bagaimana Tugas dan wewenang Bupati dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015. 2)Apa sajakah Kendala-kendala yang di hadapi Bupati sebagai Kepala Daerah dalam penyelenggaraan pendidikan di Kabupaten Tanah Datar. 3)Upaya penyelesaian kendala-kendala yang di hadapi Bupati dalam Penyelenggaraan Pendidikan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015. Penulis menggunakan jenis penelitian dengan metode pendekatan yuridis sosiologis, sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, data dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian adalah: 1) Tugas dan wewenang Bupati Kabupaten Tanah Datar untuk mengarahkan, membimbing, mensuversi, mengkoordinasi, dan memantau sesuai dengan kebijakan daerah. 2) Kendala-Kendala yang dihadapi Bupati dalam penyelenggaran pendidikan ada 2 macam yaitu: secara umum yang terdiri dari 6 kendala dan secara khusus yang terdiri dari 5 kendala. 3) Upaya penyelesaian kendala-kendala yang di hadapi Bupati dalam penyelenggaran pendidikan diselesaikan dengan cara pemerataan dan penigkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tanah Datar. Kata Kunci : Peran, Bupati, Pendidikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Hermanto UBH
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:19
Last Modified: 06 Jul 2023 03:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item View Item