Inovasi Pembelajaran Membaca Pada Siswa Pendidikan Dasar, Menggunakan Group Investigation by Nirwansyah¹, Wirnita²

Wirnita, Wirnita (2023) Inovasi Pembelajaran Membaca Pada Siswa Pendidikan Dasar, Menggunakan Group Investigation by Nirwansyah¹, Wirnita². CERDAS PROKLAMATOR, 10 (1). pp. 77-87. ISSN 2338-0926 (P) 2597-911(online)

[img] Text
8. JURNAL CERDAS PROKLAMATOR Vol. .10 No.1 Januari 2023.pdf

Download (447kB)
Official URL: http://repo.bunghatta.ac.id/

Abstract

Inovasi pengajaran membaca siswa pendidikan dasar perlu dikenalkan dengan penggunaan group investigation, khusunya pada kelas tinggi yaitu kelas V SD. Hal ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model group investigation khususnya terhadap hasil belajar membaca pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri 03 Alai Padang. Teori yang digunakan adalah teori Shoimin (2014) tentang model pembelajaran 78 | Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 10, No. 1, Edisi Juni 2022, 77-87 group investigation, Sudjana (2016) tentang hasil belajar dan Widianto (2015) tentang membaca. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Desain dilakukan melalui pretest-posttest control group design. Populasinya adalah siswa kelas V A dan siswa kelas V B pada SD Negeri 03 Alai Padang. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan 28 siswa dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan 27 siswa, karena kedua kelas homogen maka teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Nilai rata-rata kedua kelas sebelum perlakuan (pretest) pada kelas VA adalah 73,25 dan kelas V.B adalah 72,40. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar membaca mata pelajaran bahasa Indonesia ranah kognitif yang diperoleh melalui tes akhir (posttest) dalam bentuk objektif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji-t karena data berdistribusi normal. Nilai hasil pembelajaran menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen yang diajar dengan model group investigation dan kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan rata�rata kelas eksperimen 87,28, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 82,25. Dapat disimpulkan bahwa model group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VA di SD Negeri 03 Alai Padang. Kata kunci: model pembelajaran, group investigation, hasil belajar bahasa Indonesia, membaca

Item Type: Article
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: wirnita Ubh
Date Deposited: 07 Jul 2023 10:55
Last Modified: 07 Jul 2023 10:55
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14029

Actions (login required)

View Item View Item