PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 34 AIR PACAH PADANG

Citra, Adelia and Gusmaweti, Gusmaweti and Yulfia, Nora (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS IV SDN 34 AIR PACAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (13MB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar aspek kognitif dan afektif IPA siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan metode konvensional di kelas IV SDN 34 Air Pacah Padang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Tempat penelitian di SDN 34 Air Pacah Padang dengan jumlah sampel penelitian ada dua kelas yaitu siswa kelas IV A dan IV B dengan jumlah siswa 49 siswa. Penentuan kelas sampel menggunakan sampling jenuh. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan random sampling. Teknik analisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar aspek kognitif IPA rata-rata pada kelas eksperimen yaitu sebesar 86,25 dan pada kelas kontrol yaitu 74,8. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 2,91 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil belajar aspek afektif IPA kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 75,83 dan 70,63. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan thitung > ttabel, dengan nilai thitung sebesar 1,81 dan nilai ttabel sebesar 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar aspek kognitif dan afektif IPA siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray. Diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperataif tipe Two Stay Two Stray dalam pembelajaran IPA. Kata Kunci: Kooperatif, Two Stay Two Stray, dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 13 Jul 2023 08:12
Last Modified: 13 Jul 2023 08:12
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14084

Actions (login required)

View Item View Item