ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN KATEGORI NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 33 PADANG

Elsa, Gita Azra and Rita, Desfitri and NINIWATI, NINIWATI (2018) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MATERI SEGIEMPAT BERDASARKAN KATEGORI NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMPN 33 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER - BAB I.pdf

Download (291kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai ujian matematika siswa. Ini terlihat pada hasil ujian matematika pada semester II tahun ajaran 2016- 2017, dimana rata-rata nilai ujian untuk seluruh kelas yaitu 45,04. Salah satu penyebab rendahnya nilai ujian yaitu terjadinya kesalahan pada saat menjawab soal-soal ujian. Untuk mengatasi hal ini salah satu caranya adalah dengan menganalisa jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa pada saat menjawab soal ujian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal matematika pada materi segiempat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas. Subjek pada penelitian ini diambil dengan menggunakan purporsive sampling yaitu cara pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan perorangan atau pertimbangan peneliti. Pada penelitian ini, subjek atau sampel dipilih berdasarkan pertimbangan guru bidang studi matematika. Guru dan peneliti memilih 15 orang dari satu kelas yang sama sebagai sampel dari penelitian. Data dikumpulkan melalui hasil tes belajar siswa. Tes terdiri dari 10 butir soal yang sudah dibuat oleh guru bidang studi matematika di SMPN 33 Padang. Dari 10 butir soal dipilih 7 soal yang akan dianalisa jawabannya. Hal ini dengan pertimbangan bahwa 3 soal lainnya merupakan pernyataan dan tidak mungkin untuk dianalisa jenis kesalahannya. Dari hasil analisa, didapatkan hanya 5 kategori kesalahan dari 6 kategori kesalahan menurut Newman yang dilakukan oleh 15 siswa. Kesalahan membaca terjadi sebanyak 25,58%; kesalahan memahami soal sebanyak 11,63%; kesalahan transformasi sebanyak 11,63%; kesalahan keterampilan proses sebanyak 34,88%; dan kesalahan dalam menggunakan notasi sebanyak 16,28%. Kesalahan terbanyak i 3 terjadi pada kategori kesalahan keterampilan soal. Untuk kategori kesalahan karena kecerobohan, tidak ada ditemukan siswa yang melakukannya. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan guru lebih banyak memberikan contoh soal serta penyelesaiannya kepada siswa untuk materi segiempat, agar siswa dapat lebih memahami dalam melakukan proses perhitungan dengan baik. Siswa juga perlu lebih banyak mendapatkan latihan, agar terbiasa dalam menjawab soal-soal serta lebih memahami materi segiempat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:16
Last Modified: 18 Jul 2023 07:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item