ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 PADANG DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA KERJA ASIMILASI DAN AKOMODASI

Ridhya, Rahmadhani and Syukma, Netti and Puspa, Amelia (2018) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 40 PADANG DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KERANGKA KERJA ASIMILASI DAN AKOMODASI. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (109kB)
[img] Text
SKRIPSI.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis adalah salah satu aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Kurang optimalnya kemampuan komunikasi matematis siswa disebabkan karena siswa tidak terbiasa untuk menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dari suatu permasalahan yang diberikan dan kurangnya pemahaman siswa mengenai konsep dan simbol matematika, sehingga siswa sering keliru saat melakukan penyelesaian masalah matematika. Oleh sebab itu, perlu diteliti mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penyelesaian masalah matemtika berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengindentifikasi kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dalam penyelesaian masalah matematika, dan 2) Untuk mendeskripsikan skema berpikir siswa dalam penyelesaian masalah matematika pada tiap tingkatan kemampuan komunikasi matematis tulis berdasarkan kerangka kerja asimilasi dan akomodasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah 6 siswa di kelas VII.3 SMP Negeri 40 Padang yang terdiri dari 2 siswa di setiap tingkatan kemampuan komunikasi matematis tulis, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen pengumpulan data berupa tes kemampuan komunikasi matematis tulis dan wawancara. Indikator kemampuan komunikasi matematis tulis siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah (1) Menuliskan apa yang diketahui dari soal secara matematis, (2) Menuliskan apa yang ditanya dari soal secara matematis, (3) Menuliskan rencana penyelesaian, (4) Menyelesaikan masalah sesuai dengan rencana penyelesaian, (5) Mengemukakan penyelesaian dengan metode gambar, dan (6) Menuliskan kesimpulan dari hasil akhir permasalahan secara matematis. UNIVERSITAS BUNG HATTAii Berdasarkan hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) kemampuan komunikasi matematis siswa dalam penyelesaian masalah matematika cukup baik dengan skor rata-rata 29,64 dari skor ideal yaitu 48, dan 2) siswa mengalami proses asimilasi dan akomodasi dalam menyelesaikan masalah matematika dengan tiga bentuk skema, yaitu skema pseudo, tidak sesuai, dan imitasi. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, disarankan guru dapat membimbing siswa untuk menentukan apa yang diketahui dan ditanya dari soal dengan menggunakan simbol-simbol matematika yang sesuai khususnya pada soal aplikasi, agar proses berpikir siswa saat menyelesaikan masalah matematika dapat terstruktur dengan baik dan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:23
Last Modified: 18 Jul 2023 07:23
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14130

Actions (login required)

View Item View Item