EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN HANDOUT BERNUANSA POP-UP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DIKELAS VIII SMP KARTIKA 1-7 PADANG

Ahmad, Hendryan and Erman, Har and Lisa, Deswati (2018) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MENGGUNAKAN HANDOUT BERNUANSA POP-UP PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH PADA MANUSIA DIKELAS VIII SMP KARTIKA 1-7 PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.PDF

Download (15kB)
[img] Text
Skripsi.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (978kB)

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara penulis dengan salah satu guru SMP Kartika 1-7 Padang, proses pembelajaran cenderung terfokus pada guru. Meskipun berbagai upaya telah dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan Biologi, namun kenyataan hasil belajar Biologi masih rendah hal ini terlihat dari nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran Biologi Sistem Peredaran Darah Semester Ganjil sebesar 66,58. Menurut Khoirudin. Dkk (2013:2) salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah. Di Indonesia, banyak guru yang masih menggunakan model pembelajaran lama yaitu guru sebagai satu-satunya sumber ilmu yang mentransfer ilmu secara mutlak tanpa melibatkan siswa sebanyak-banyaknya. Populasi dalam penelitian ini adalah. Sampel dalam penelitian ini menggunakan dua kelas populasi yang telah ditentukan dengan teknik pengambilan sampel Purposive Random Sampling dengan pertimbangan penentuan kelas sampel berdasarkan nilai rata-rata perkiraan, sedangkan untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak. . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh uji validitas 0,49, reliabilitas 0,95, difusi 0,44 dan 0,35 serta daya pembeda 0,35. Sehingga dapat disimpulkan soal yang digunakan untuk tes akhir sebanyak 20 soal yang memiliki kriteria cukup valid, reliabilitas sangat tinggi, indeks kesukaran sedang dan daya pembeda cukup. Dari penelitian ini diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata kelas eksperimen 80,21 dengan persentase hasil belajar siswa 78,26%, dan kelas kontrol 71,19 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 52,38%. Uji hipotesis menggunakan uji t pada nilai thitung terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan Handout Bernuansa Pop-Up dengan pembelajaran konvensional dan pembelajaran menggunakan Handout Bernuansa Pop-Up lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional Sejalan dengan temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dalam bentuk media Handout Nuansa Pop-Up lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, disarankan kepada guru biologi di sekolah agar pembelajaran IPA menggunakan handout dengan pop-up Nuansa dapat dijadikan alternatif cara pembelajaran IPA di SMP khususnya pada materi yang memerlukan pemahaman bagian tertentu seperti Sistem Peredaran Darah Manusia.. Kata kunci: IPA Peserta Didik, Handout Bernuansa Pop-Up, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:10
Last Modified: 20 Jul 2023 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14136

Actions (login required)

View Item View Item