ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR MINYAK MENTAH INDONESIA KE AUSTRALIA (Pendekatan Error Correction Model)

Aulia Puja Ilham, Aulia Puja Ilham and Evi Susanti Tasri, S.E, M.Si, Evi Susanti Tasri, S.E, M.Si and Kasman Karimi, S.E, M., Kasman Karimi, S.E, M. (2017) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR MINYAK MENTAH INDONESIA KE AUSTRALIA (Pendekatan Error Correction Model). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
SKRIPSI AULIA PUJA ILHAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR MINYAK MENTAH INDONESIA KE AUSTRALIA (Pendekatan Error Correction Model) Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Aulia Puja Ilham, Evi Susanti Tasri 1 2 , Kasman Karimi Email : aulia.puja@yahoo.co.id, evi.susanti74@yahoo.com, kasman_karimi@yahoo.com Abstrak Penelitian ini memliki tujuan untuk membuktikan bagaimana pengaruh dalam jangka pendek dan jangka panjang variabel harga minyak internasional, nilai tukar rupiah, konsumsi minyak dan produksi minyak terhadap volume ekspor minyak. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series di mulai dari tahun 1984 sampai dengan tahun 2015, data yang digunakan diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Word Bank, Energy Information And Administration (EIA), Statistic Energy International. Untuk melihat adanya hubungan dalam jangka panjang digunakan Uji Kointegrasi, sedangkan untuk melihat hubungan dalam jangka pendek digunakan pendekatan Error Correction Model. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka pendek variabel harga minyak internasional, nilai tukar rupiah, konsumsi minyak dan produksi minyak tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap volume ekspor minyak. Sedangkan dalam jangka panjang variabel yang berpengaruh signifikan terhadap volume ekspor minyak adalah variable nilai tukar rupiah, konsumsi minyak dan produksi minyak. Kata kunci : Volume Ekspor Minyak, Harga Minyak Internasional, Nilai Tukar Rupiah, Konsumsi Minyak, Produksi Minyak, Error Correction Model.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Depositing User: iswandi ubh
Date Deposited: 25 Jul 2023 07:28
Last Modified: 25 Jul 2023 07:28
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14179

Actions (login required)

View Item View Item