SUHEVRI MULYA SAPUTRA, SUHEVRI MULYA SAPUTRA (2018) PENGELOLAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR MENURUT PERATURAN DAERAH KOTA PADANG NOMOR 1 TAHUN 2016 TENTANG RETRIBUSI JASA UMUM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
SUHEVRI MULYA SAPUTRA cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI LNGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pengelolaan Retribusi Pelayanan Pasar Menurut Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 1 Tahun 2016 Tentang Retribusi Jasa Umum Suhevri Mulya Saputra, 1 Dr.Boy Yendra Tamin S.H,M.H 1 , 1 Drs.Suparman Khan,M.Hum 1 , 1 Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Bung Hatta. Email : efricueb@gmail.com ABSTRAK Retribusi Pelayanan Pasar Simpang haru dipungut atas jasa Pelayanan Pasar berdasarkan Perda Kota Padang Nomor 1 Tahun 2016. Objek Retribusi Pelayanan Pasar Simpang haru adalah penyediaan pelayanan pasar yang ditentukan oleh Pemerintah Daerah.Sedangkan subjeknya yaitu orang atau Badan yang memperoleh jasa pelayanan Pasar Simpang haru, Rumusan Masalah adalah 1) Bagaimanakah Kontribusi Retribusi pelayanan pasar berdasarkan peraturan daerah kota padang Nomor 1 Tahun 2016 di kecamatan Padang Timur, 2)Apa kendala-kendala yang di hadapi Dalam Pelaksanaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kecamatan Padang Timur, 3) Upaya apa saja yang dilakukan dalam pelaksanaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kecamatan Padang Timur. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Padang. Sumber data penelitian ini adalah sumber data primer. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dianalisis secara kualitatif deskripif. Hasil penelitian adalah: 1) Kontribusi Retribusi pelayanan pasar berdasarkan peraturan daerah kota padang Nomor 1 Tahun 2016 di kecamatan Padang Timur mencapai target yang di tentukan dan masih memberikan kontribusi terhadap Pasar Simpang haru kota padang antara lain,peningkatan kebersihan pasar,peningkatan sistim keamanan pasar,dan penyediaan lahan parkir, 2). kendala-kendala yang di hadapi Dalam Pelaksanaan Retribusi Pelayanan Pasar di Kecamatan Padang Timur antara lain masih ada pedagang yang sering menunggak,kurangnya petugas UPTD pasar,rendahnya insentif atau honor petugas pengungut retribusi,tidak cakapan petugas dalam berinteraksi dengan pedagang ,kurangnya daya beli masyarakat dikarenakan berbagai faktor,kurangnya sarana pendukung, 3)upaya yang dilakukan dalam pelaksanaan retribusi pelayanan pasar dikecamatan padang timur antara lain,pihak UPTD memberikan keringanan dengan cara mencicil,memberikan teguran baik lisan maupun tertulis,memberikan jangka waktu untuk melunasi tunggakan retribusi pedagang,peningkatan daya beli masyrakat di Pasar Simpang haru,peningkatan faslitas dan sarana pendukung pasar Kata Kunci: Perda, Retribusi, Pasar, PAD
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Hermanto UBH |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:31 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:31 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14184 |
Actions (login required)
View Item |