PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 15 SUNGAI GERINGGING

Riche, Wahyu Putri and NINIWATI, NINIWATI and Daswarman, Daswarman (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN 15 SUNGAI GERINGGING. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (175kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menerapkan model pembelajaran cooperative tipe Numbered Head Together lebih tinggi dari proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model konvensional pada siswa kelas V SDN 15 Sungai Geringging. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 15 Sungai Geringging tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 2 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling yang dipilih secara acak menggunakan undian lot. Dari pengundian pertama terpilih kelas Vb sebagai kelas eksperimen dan kelas Va sebagai kelas kontrol.Hasil belajar diperoleh dengan cara pemberian tes akhir pada kedua kelas sampel yang terdiri dari 20 soal objektif. Kemudian hasil tes siswa dianalisis dengan uji hipotesis menggunakan rumus 2. Diperoleh 2 hitung = 5,15 dan db = 1 di 2 tabel = 3,84 Diperoleh � � (0,02) < p < � � (0,05) atau 0,01 < p < 0,025. Oleh karena, p < 0,05 berarti terima H1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada proporsi siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Sehingga dapat diterapkan untuk pencapaian hasil yang optimal pada hasil belajar siswa. Oleh sebab itu diharapkan kepada guru kelas untuk dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together sebagai salah satu model dalam pembelajaran matematika di seluruh siswa tingkat sekolah dasar. Kata Kunci ; Model Numbered Head Together , Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:47
Last Modified: 27 Jul 2023 06:47
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/14206

Actions (login required)

View Item View Item